/>

Wednesday, October 31, 2012

Merakit Komputer Sederhana

YAMAHA KEYBOARD SHAMPLING-JAMBI

Hal Pertama yang perlu diperhatikan dalam merakit komputer adalah untuk tujuan apa komputer itu dirakit, kwalitas seperti apa yang kita inginkan, dan berapa anggaran yang kita siapkan. Spesifikasi komputer juga harus disesuaikan, karena spesifikasi komputer untuk OFFICE lebih sederhana dibandingkan komputer untuk desain grafis,MULTIMEDIA atau untuk GAME.
Ok setelah kita tentukan untuk komputer itu nantinya, segera kita buat daftar perangkat apa saja yang harus dibeli. dalam hal ini sebagai contoh kita akan merakit komputer untuk multimedia. anggaran komputer untuk multimedia jelas lebih besar dibandingkan komputer untuk office.
Perangkat keras(Hardware) yang kita butuhkan :
1.  Prosesor
     Prosesor disini ada 2 jenis yang sering digunakan Intel dan AMD
untuk jenis Intel ada beberapa jenis yang bisa digunakan untuk multimedia



INTEL Processor Pentium [G620]
Dual Core, 2,6 GHz, 5 GT/s DMI, 3MB Intel Smart Cache, Socket LGA1155

seharga Rp. 570.000,-


INTEL Processor Pentium [G840]
Dual Core, 2,8 GHz, 5 GT/s DMI, 3MB Intel Smart Cache, Socket LGA1155
seharga Rp. 700.000,-
 
AMD Processor Athlon [X2 7550]
Dual Core, 2.5GHz, 2MB Cache, Socket AM2+ (Tray)
seharga Rp. 390.000,-


AMD Llano [A4-3300] - X2

Dual Core, 2500MHz, 2 cores, 1MB L2 Chace, Socket AMD FM1
seharga Rp. 530.000,-

Bisa kita bandingkan dengan kecepatan yang sama harga processor AMD jauh lebih murah dibandingkan dengan Processor intel. masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. untuk kelebihan dan kekurangan masing-masing Processor akan dibahas pada postingan yang lain. untuk membeli processor hal penting yang harus diperhatikan adalah Socketnya. Socket harus disesuaikan dengan MB ( Motherboard) yang akan kita pakai nantinya.

2.   Mainboard/Motherboard (MB)
     Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen sertachip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, SoundCard, Internal Modem, dan lain-lain.
 
 

kalau processor yang kita gunakan intel MBnya juga harus intel, berikut jenis socket pada mb intel

  • MB Intel socket LGA1155
  • MB Intel Socket LGA1156
  • MB Intel Socket LGA1366
  • MB Intel Socket LGA775
  • MB AMD Socket BGA FT1
  • MB AMD Socket AM2/AM2+
  • MB AMD Socket AM3/AM3+
  • MB AMD Socket FM1

kita sesuaikan dengan socket processor yang akan kita pake. sesuai dengan contoh processor diatas bearti MB yang dibutuhkan adalahMB Intel socket LGA1155

Untuk MB AMD jenis socketnya :

3.  R A M
      RAM (Random Acces Memory) berfungsi menyimpan berbagai data dan intruksi program. penyimpanan ram bersifat sementara artinya data yang tersimpan akan hilang apabila komputer dimatikan. Ram merupaka memory Internal yang mendukung kecepatan Processor dalam mengolah data dan intruksi.
 
 Dalam memilih RAM perlu diperhatikan juga jenis slot MBnya. kalau slot RAM pada MBnya ddr2 RAM yang digunakan juga harus ram ddr2, jenis ram dari yang terlawas sampai yang terbaru, DDR, DDR2,DDR3,
ukuran ram dari yang terkecil, 8 mb, 16 mb, 32 mb, 64 mb, 128 mb, 256 mb, 512 mb, 1 Gb, 2 Gb, 4 Gb, 8 Gb.
Komputer sekarang rata-rata menggunakan RAM 1 Gb keatas karena aplikasi dan program yang semakin berat.


4.  HARDISK
    
 Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
Dalam sebongkah harddisk, terdapat berbagai macam ruangruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan.
 
5.  CD Room / DVD Room
     Drive CD atau DVD Rom merupakan salah satu komponen penting dari sebuah desktop PC atau notebook. Tanpa perangkat tersebut kita tidak bisa memutar kepingan CD, kepingan DVD, membuka dokumen menginstall program dan aktifitas lainnya. Namun, jika anda menggunakan komputer tersebut bersama dengan yang lain, terutama di rumah, setiap orang yang menggunakan komputer cenderung mengeksplorasinya secara berlebihan. Tanpa sepengetahuan anda, mereka bisa menggunakannya untuk melakukan burning ke kepingan CD atau DVD secara berlebihan.
 
6.  V G A
     VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.
7. CASING
    Casing merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU atau komponen lainnya. Bentuk yang umum adalah kotak persegi, namun bisa dengan modifikasi bagi mereka yang senang mengotak-atik casing ini. 
Fungsi casing :
a. Sebagai pelindung CPU, casing bermanfaat melindungi bagian dalamnya dari kotoran atau debu, dari benturan dengan benda lain, sehingga bagian-bagian yang vital akan aman dan tidak cepat rusak.
b. Sebagai pendingin tambahan. Karena biasanya, casing modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlah nya bisa lebih dari satu buah. 
c.Sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya, terutama CPU, seperti motherboard, vga card, soundcard dan lain-lain.
Sebagai pelindung,
Selain fungsi primernya tersebut, casing juga dapat tampil dengan berbagai macam warna dan bentuk yang sesuai dengan keinginan kita. Tentu saja casing hasil modifikasi ini harganya lebih mahal.
Yang terpenting dalam pemilihan casing adalah fungsi utamanya. Sehingga komputer kita berada dalam keadaan yang aman dan terlindungi.

 

 

 8.  MONITOR / LCD
     secara umum monitor berfungsi untuk mengubah sinyal video dari PC yang masih berupa sinyal digital menjadi sinyal analog yang selanjutnya melalui beberapa proses sampai akhirnya dapat di tampilkan di layar monitor dan dapat kita lihat.
teknologi monitorpun dari tahun ketahun mengalami perkembangan, Dari monitor tabung yang sering disebut dengan monitor CRT, LCD dan LED masing-masing mempunyai kelebihan.

Rincian Anggaran Komputer Multimedia dengan Processor Intel
  1. Processor Intel dual core ( G840)                                           Rp.  700.000,-
  2. MB GIGABYTE Socket LGA1155 [GA-H61M-S2P-B3]     Rp.  721.000,-
  3. Ram V-GEN Memory PC 2GB DDR3 PC-10600                  Rp.  145.000,-
  4. Hardisk SEAGATE Barracuda 250GB                                    Rp.  590.000,-
  5. DVD Room SAMSUNG SH S22 - NO BOX                         Rp.   185.000,-
  6. VGA sudah onbord pada MB jadi tidak perlu beli VGA
  7. Casing SIMBADDA Middle Tower Sim V [2871]                   Rp.  300.000
  8. LED Accer 15"                                                                        Rp.  685.000,- +
  9. Total                                                                                        Rp. 3.326.000,-
Harga diatas adalah sesuai kurs dolar pada saat artikel ini ditulis, Kalau anggaran diatas terlalu besar Spek bisa diturunkan sedikit, misalkan Processor dan MB cari yang dibawahnya sedikit. perbedaanya jangan terlalu signifikan karena akan mempengaruhi performace dari Komputer nantinya.
 

 

Post a Comment